Pendidikan Karakter Siswa

Pendidikan Karakter Siswa

Pendidikan merupakan hal yang dianggap penting di dunia, karena di dunia membutuhkan orang-orang yang berpendidikan untuk membangun negara yang maju. Tetapi tidak hanya pendidikan yang bersifat kognitif saja yang diperlukan, pendidikan karakter juga sangat dibutuhkan dalam membangun negara yang maju. Di zaman sekarang ini tidak hanya melihat betapa tinggi pendidikan atau gelar yang sudah di raih, tetapi bagaimana karakter dari pribadi setiap orang itu sangat diutamakan.

Proses pendidikan disekolah masih bisa dibilang banyak yang mementingkan aspek kognitif dibandingkan dengan aspek psikomotornya, tidak sedikit guru – guru di setiap sekolah yang hanya sekedar mengajar supaya terlihat formlitsnya, tanpa mengajarkan bagaimana etika-etika yang harus dilakukan oleh siswa.

Menurut para ahli di dalam kehidupan dibutuhkan 80% kecerdasan emosional dan sosial, sedangkan kecerdasan intelektual hanya dibutuhkan 20%. Sehingga pendidikan karakter dibutuhkan untuk membangun kehidupan yang lebih baik dan beradab, bukan kehidupan yang dipenuhi dengan prilaku yang tidak beradab.

Tidak sedikit pilar karakter yang harus ditanamkan pada siswa/ anak-anak penerus bangsa, yaitu seperti kejujuran, keadilan, saling menghormati dan rasa saling menghargai. Kejujuran merupakan hal yang sangat utama dan harus ditanamkan ke diri sendiri maupun ke anak-anak penerus bangsa karena kejujuran merupakan benteng dari semua hal.

Bersikap adil/ Keadilan juga merupakan pilar karakter yang penting bagi siswa/anak-anak penerus bangsa, dimana anak-anak diajarkan untuk bersikap adil dalam segala hal baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam hal yang berkaitan dengan pendidikan/sekolah. Seperti contoh, siswa harus bisa bersikap adil dalam hal membagi waktu antara belajar dan bermain, hal ini memang hal yang tidak mudah bagi siswa tetapi besikap adil harus tetap dilksanakan untuk kebaikan diri sendiri dan juga untuk kehidupan bersama.

Rasa saling menghormati dan menghargai harus ditanamkan pada diri masing-masing siswa, untuk terciptanya dunia pendidikan yang baik tidak ramai dengan tawuran antar sekolah ataupun perkelhian antara kakak kelas, adik kelas dan teman sekelas.

Saat ini sudah banyak sekolah-sekolah di Indonesia yang telah menerapakan pendidikan karakter, baik dari jenjang pendidikan yang terendah, TK, SD, SMP, SMA/SMK dan perguruan tinggi. Siswa telah banyak diajarkan bagaimana cra bersikap kepada orang tua, guru, dan juga lingkungan tempat tinggalnya.

Semoga dengan menerapkan pendidikan karakter disekolah semua potensi kecerdasan anak-anak akan berdasarkan karakter-karakter yang bisa membawa mereka menjadi orang-orang yang telah diharapkan untuk menjadi penerus bangsa, yang memiliki sikap jujur, adil, sopan, saling mengharagai dan saling menghormati. Tidak hanya itu, jadilah orang-orang yang berpegang teguh pada karakter.

Kunjungi Web SMK TI Bali Global Singaraja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *